Media Berbagi

Raih Pahala Berlipat, Sedekah Pangan untuk Lansia

Rp 15.000

Donasi Terkumpul

95 hari

Sisa hari

Deskripsi

“Barangsiapa yang memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyang dari rasa lapar, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki oleh orang lain.” (HR. Thabrani).

a323a7dd-5a68-4c1b-88d0-6b943a357e5c.jpg

"Kadang mbah nggak ngarit (ambil rumput) soalnya nggak ada yang minta. Mbah kerja kalau ada yang suruh aja. Seminggu 3-4 kali, itu aja badan mbah sudah sakit-sakitan. Jalanya terjal sambil mikul 2 ikat rumput, kadang mbah sampai jatuh kepeleset..." - Mbah Sururi, Pengurus Ternak

Lewati jalanan berbatu dan terjal, mbah jalan kaki dengan menempuh jarak 5 km setiap hari

d3b0ed14-9758-4bfd-b138-0f8771f401de.jpg

Saat lelah dan nafasnya mulai sesak, Mbah Sururi berteduh dan istirahat sejenak di bawah pohon yang rindang sambil menyeka keringat di dahi keriputnya.

Mata letih mbah mengeluarkan air, pertanda cuaca terik. Mbah menepuk-nepuk dadanya sambil menghela nafas. Wajahnya pucat dan tidak ada bekal makanan ataupun sebotol air yang beliau bawa.

“Nak...punya air putih? Mbah minta seteguk saja. Beberapa hari lalu mbah sakit, jadi nggak punya uang untuk beli kayu dan masak air…” lirih Mbah Sururi, Lansia Sebatang Kara.

Mendengar rintihannya itu, aku bergegas mencari warung terdekat untuk membelikan mbah minum. Ternyata beliau tak punya biaya untuk membeli lauk, pagi tadi mbah hanya makan singkong pemberian tetangga. 

a919b814-4502-41ce-91bc-53edb01ea5ba.jpg

"Kalau nggak ada pekerjaan mbah keliling nanya ke tetangga siapa tahu butuh jasa ambil rumput, hanya itu yang mbah bisa di usia yang semakin tua ini. Kalau nggak kerja mbah nggak bisa makan. Biasanya mbah puasa seharian, kalo beruntung nanti ada yang kasih singkong..." lirih Mbah Sururi dengan bibir bergetar. 

Demi segenggam beras, beliau berjalan dari pagi hingga sore. Sebagai pengurus ternak, mbah mendapatkan upah 10-15 ribu/hari, tergantung banyaknya karung rumput yang beliau bawa. Upahnya tersebut mbah belikan beras dan lauk untuk persediaan makan.

Jika tak ada biaya mbah akan tertidur sekarian, menahan lapar dan hanya minum air putih

79cddf04-bce3-41d7-8256-6fb33c87ed16.jpg

Selain Mbah Sururi, banyak lansia dhuafa di Jawa Tengah yang merasakan hal yang sama. Setiap hari mereka dihantui rasa lapar yang melilit, padahal diusia tua lansia-lansia tersebut membutuhkan makanan bergizi untuk menjaga kesehatannya.

Terlebih mereka harus keluar rumah setiap hari di tengah wabah Covid-19 ini. Seperti yang kita tahu, lansia diatas 60 tahun sangat rentan terpapar virus.

“Kalo nggak boleh keluar rumah mbah juga sengsara, nggak bisa makan. Kalo cuma minum air putih paling lama tahan sehari aja" tutur Mbah Kaliyem.

Beliau tinggal Desa Rejosari, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Ternyata, meskipun cukup dekat dengan pusat kota, tidak menjamin seluruh masyarakat di sana memiliki hidup yang sejahtera.

a71a3cad-15f9-45e4-8c06-7db409453245.jpg

Sahabat, dalam kondisi Pandemi dan Masa PPKM ini, kami ingin mengajak kamu untuk berbagi kebahagiaan kepada kakek, nenek sebatang kara dan pekerja harian lepas lainnya. 

Mulai Rp15.000 kamu bisa mengirimkan nasi box atau bungkus setiap hari untuk redam kelaparan mereka di tengah pandemi. 

Selain itu, kamu juga bisa kirimkan paket sembako untuk sebatang kara di penjuru negeri mulai Rp25.000

---

Penggalangan dana ini kami lakukan untuk meringankan kesulitan masyarakat prasejahtera yang terdampak pandemi. Setelah penetapan aturan micro-lockdown di beberapa desa di Jawa Tengah, banyak keluarga prasejahtera merana. Mereka kelaparan dibawah ancaman virus Covid-19 yang semakin menakutkan. 

Yuk, bersama-sama kita jaga saudara sebangsa, terutama kakek dan nenek sebatang kara yang hidup di garis kemiskinan. Jangan biarkan mereka kelaparan dan berjuang seorang diri. Kirimkan bantuan sembako dan makanan untuk redam rasa lapar mereka dengan cara:

  1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
  2. Isi nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran (Gopay, LinkAja, JeniusPay, Virtual Account, atau melalui transfer bank).
  4. Segera transfer jika menggunakan metode pembayaran transfer bank.

Kabar terbaru

Kabar Terbaru

Belum ada kabar terbaru di program ini

Donatur

NA
Nur Akhmad

5 bulan yang lalu

"Semoga berkah"

Rp10.000
HA
Haidar

6 bulan yang lalu

"Semoga berkah dan bermanfaat"

Rp5.000

Fundraiser

NA
Nur Akhmad

Berhasil mengajak 1 orang berdonasi

Rp10,000